Minggu, 12 Desember 2010

Gadget Sebagai Pendukung Mudik

Gadget Sebagai Pendukung Mudik. Mudik itu asyik karena bisa bertemu dengan sanak keluarga. Tapi mudik juga merepotkan bila tak tahu jalan atau tak bisa membawa sarana hiburan. Itu sebabnya, siapkan gadget yang bisa membantu selama di perjalanan.

Handhone (HP) yang sekarang sudah jadi alat genggam multimedia. Bisa untuk akses internet, chatting , kamera, mendengarkan musik, radio, bahkan bisa menjadi peta. Nah, untuk teman perjalanan mudik, sebaiknya HP yang dibawa juga sudah bisa untuk multimedia.
Untuk keperluan mudik, HP yang diseting untuk multimedia sepertinya sudah menjadi kebutuhan. Bukan hanya sekadar sarana hiburan semata, tapi juga untuk mencari informasi kondisi lalu lintas di jalur mudik.

Bagaimana menyeting internet di HP, tentu setiap operator punya aturan masing-masing. Begitu juga biaya data paket, masing-masing sudah ada tarifnya sendiri-sendiri. Mana yang paling murah? Wah, rasanya susah menjelaskan karena masing-masing biaya data paket punya kelebihan dan kekurangannya. Silakan pilih sesuai kartu Anda atau sesuai kebutuhan.

Untuk aktivasi GPRS sebaiknya minimal 3 hari sebelum hari keberangkatan Anda mudik. Kenapa? Ini untuk jaga-jaga seting GPRS tidak bermasalah. Minimal sebelum berangkat Anda bisa mencoba dulu akses internet ini dan tidak menuemukan masalah. Setelah itu, apa yang sebenarnya yang diperlukan untuk para pemudik? Tentu kondisi lalu lintas jalur yang bakal dilalui.

Selain itu, siaran radio dan TV juga selama ini jadi andalan informasi bagi para pemudik. Tapi beberapa tahun belakangan ini, seiring maraknya jejaring sosial, Facebook dan Twitter menjadi media alternatif bagi para pemudik. Contohnya, mudik tahun lalu, RCTI membuat grup di FB Seputar Mudik RCTI . Grup ini sangat membantu para pemudik untuk bisa melihat update kondisi jalan dari para pemudik lain. Apalagi update itu juga ditayangkan sebagai running tex di layar RCTI.

Hingga arus balik tiba, grup yang kini anggotanya sudah hampir 9 ribu orang ini tetap menjadi pusat informasi andalan seputar kondisi jalur mudik oleh ribuan netter . Bahkan tahun ini sepertinya grup ini juga akan tetap dipakai sebagai sarana tukar informasi.

Tapi apakah grup FB akan menjadi andalan informasi para pemudik saja? Sepertinya Twitter juga akan menjadi alternatif lain. Dan rupanya, beberapa perusahaan pun sudah siap-siap. Salah satunya, Toyota sebagai Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia, selain mendirikan 24 posko mudik, perusahaan ini juga membuat account twitter @toyotaID. Toyota rupanya ingin membagi info mudik juga lewat Twitter. Bahkan Toyota juga siap membagi-bagikan hadiah bagi yang mem-follow .

Jadi, siapkan juga HP Anda agar bisa akses FB maupun Twitter. Banyak informasi yang akan Anda dapatkan seputar info mudik. Anda pun bisa berbagi informasi kepada sesama member. Selain bisa dapat informasi, sekalian berbagi, bukan?

Oleh karena Anda tetap aktif di perjalanan, maka daya alias baterai juga harus disiapkan. Sebelum jalan, Anda harus mengisi baterai HP sampai penuh. Paling afdol, Anda bisa menyiapkan charger mobil.

Source:
http://www.tabloidnova.com/Nova/Gadget/Gadget-Pendukung-Mudik-1

Bookmark and Share

1 komentar :

  1. siiip,artikel yang menarik untuk persiapan kalau mau bepergian :D

    BalasHapus