Sabtu, 11 Desember 2010

Kamar Mandi yang Sehat

Kamar Mandi yang Sehat. Di dalam Rumah Mungil Yang Sehat haruslah terdapat Kamar Mandi yang Sehat pula. Dimana kamar mandi tersebut harus bersih higienis rapi dan wangi. Higienitas kamar mandi bukan hanya dinilai dari tampilan kamar mandi yang bagus. Namun juga dari berbagai faktor penentu lain. Beberapa faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

Aliran Ventilasi
Kelembapan kamar mandi memengaruhi lama tidaknya pajanan biologis bertahan dalam kamar mandi. Kalau suhu dan kelembapan kamar mandi tidak baik, maka akan menjadi lingkungan yang kondusif bagi mikroorganisme dan parasit untuk bisa tahan dan berkembang biak. Untuk mendapatkan kondisi kamar mandi yang tidak lembap dan pengap, terapkan prinsip ventilasi udara yang benar. Upayakan lubang angin yang mengukuti kaidah arah mata angin. Bila memang posisi kamar mandi tidak memungkinkan mendapat ventilasi dari lubang udara (maupun lubang ventilasi pada pintu kamar mandi), masih bisa disiasati dari alat penghisap udara (exhaust).


Lantai dan Saluran Air
Tempat-tempat seperti toilet, saluran air dan lantai kamar mandi patut dicurigai. Bila lantai kamar mandi selalu tergenang air, potensi terjadinya pajanan biologis meningkat. Lantai yang sering lembap dapat menjadi tempat berkembang biak yang bagus bagi kuman juga serangga dan hewan.

Cahaya yang Cukup
Sebenarnya, pencahayaan dalam kamar mandi bertujuan mengurangi risiko kecelakaan. Tidak perlu terang benderang, namun usahakan saja paling tidak cukup terang untuk melihat dalam ruang kamar mandi. Bila perlu, untuk memenuhi unsur lain seperti hemat energi, beri atap gelas untuk mendapatkan penerangan alami dari matahari ketika siang hari.

Kualitas Air Bersih
Pajanan kimia dan biologis dapat mengancam melalui air. Bila Anda termasuk orang yang sensitif dengan kualitas air mandi ada baiknya pertimbangkan kembali mengganti sumber air Anda. “Semakin dalam sumber air tanah semakin baik kualitasnya. Sayangnya semakin dalam sumur juga diikuti dengan biaya yang semakin mahal".

Selain faktor- faktor diatas, untuk memenuhi kriteria Kamar Mandi yang Sehat Anda juga perlu menammbahkan pernik untuk lebih mengurangi risiko kecelakaan dalam kamar mandi seperti karpet karet kamar mandi. Tapi, ini umumnya bisa diaplikasikan pada kamar mandi kering. Setelah semua unsur terpenuhi, jangan lupa lakukan pemeliharaan kamar mandi secara rutin.

Source:
http://www.tabloidnova.com/Nova/Griya/Interior/Kamar-Mandi-Sehat-Terawat-1
http://www.tabloidnova.com/Nova/Griya/Interior/Kamar-Mandi-Sehat-Terawat-2
Bookmark and Share

6 komentar :

  1. This is really an amazing post thanks for sharing this

    BalasHapus
  2. A well structured and organized post. Keep it up.

    BalasHapus
  3. A job well done thanks for this

    BalasHapus
  4. This is really an amazing post thanks for this

    BalasHapus
  5. I will like to see more of this well constructed post. Thanks for the post.

    BalasHapus