Sabtu, 09 Januari 2010

Gaya Hidup 2010 By Astaga.com lifestyle on the net

Lifestyle INDEKOST "in de kost". Kata kost yang saat ini populer sebenarnya adalah turunan dari kata In de kost (dalam bahasa belanda). Aslinya definisi In de kost ini adalah ” makan di dalam” namun kalau dijabarkan lebih lanjut dapat pula berarti tinggal dan ikut makan di dalam rumah tempat kita menumpang tinggal.
Dulu, "in de kost" adalah sebuah gaya hidup yang cukup populer di kalangan menegah ke atas kaum pribumi. Untuk sebagian kalangan yang mengagung-agungkan budaya barat/Eropa khususnya Belanda, dengan trend semacam ini mereka berharap banyak agar anaknya dapat bersikap dan berprilaku layaknya bangsa Belanda atau Eropa yang dirasa lebih terhormat.

Orang Belanda ataupun bangsa Eropa kala itu memang sangat terpandang dan memiliki kedudukan tinggi dalam strata sosial di masyarakat terutama kalangan pribumi. Mereka yang bukan orang Belanda dan ber-visi jauh ke depan menganggap perlunya anak mereka bersikap ”seperti” layaknya orang Belanda, dengan membayar sejumlah uang tertentu sebagai jaminan, anaknya diperbolehkan untuk tinggal di rumah orang Belanda yang mereka inginkan (tentunya dengan beberapa kondisi yang sudah diperhitungkan) dan resmilah si anak diangkat sebagai anak angkat oleh keluarga Belanda tersebut.

Setelah tinggal serumah dengan keluarga Belanda tersebut, (selain makan dan tidur) si anak tetap dapat bersekolah dan belajar menyesuaikan diri dengan gaya hidup keluarga tempat ia menumpang. Nah di sinilah mungkin sisi paling penting dari konsep ”in de kost” jaman dulu yaitu mengadapatasi dan meniru budaya hidup, bukan sekedar hanya makan dan tidur saja...Namun diharapkan setelah berhenti menumpang, sang anak dapat cukup terdidik untuk mampu hidup mandiri sesuai dengan tradisi keluarga tempat dimana ia pernah tinggal. Yah kalo dipikir-pikir hampir mirip dengan konsep ”Home stay” di jaman sekarang. Lalu bagaimanakah dengan konsep in de kost saat ini..??

Seiring berjalannya waktu dan berubahnya jaman, sekarang khalayak umum lebih senang menyebut istilah in de kost dengan menyingkatnya menjadi ”kos” saja... Dimana-mana, terutama di berbagai daerah sentra pendidikan tumbuh berjamuran rumah-rumah (bahkan bangunan khusus) yang menawarkan jasa kost bagi para pelajar/mahasiswa yang membutuhkannya, tentunya semuanya tidak ada yang gratis, dengan sejumlah bayaran tertentu setiap periode barulah kita dapat menumpang hidup di tempat yang kita inginkan...

Pergeseran trend in de kost ini lambat laun diikuti pula oleh perubahan nilai sosial dan budaya dalam interaksi kehidupan di masing-masing pihak.. Tak jarang dalam perjalanannya, interaksi sosial kedua belah pihak semakin renggang dan cenderung berdiri sendiri..
Astaga.com lifestyle on the net
Bookmark and Share

Tidak ada komentar :

Posting Komentar