Rabu, 13 Januari 2010

Google dance

Google dance adalah sebuah istilah yang dipergunakan untuk menyebut bahwa suatu web yang rangkingnya tiba-tiba turun tak karuan entah kemana berada, namun bukan berarti rangkingnya turun dalam sebenarnya melainkan saat itu web tersebut masih dalam proses update rangking oleh google sehingga posisinya tak karuan.

Google mengirimkan robot /spider untuk melakukan crawling terhadap website dan melakukan pengarsipan terhadap setiap website yang ditemukan.Website yang sudah diarsip akan ditampikan pada upadate index (database) google berikutnya. Proses update dilakukan setiap 30 hari atau kadang-kadang lebih.

Google memiliki 3 jenis online server www yaitu :
www.google.com - Alamat utama/homepage google.
www2.google.com
www3.google.com www2 & www3 servers sering diasumsikan oleh kebanyakan orang sebagai testing server (walaupun kenyataannya tak seorang pun tahu - di luar orang dalam Google)

Selama update, 3 server memmberikan hasil dan data yang berbeda. Karena hasil yang berbeda dari tiap server (seperti menari), maka ini dikenal dengan nama "Google Dance". Selama "menari", hasil servers www2 & www3 memberikan hasil yang lumayan mirip. Dengan efek menari ini, kemungkinan posisi situs kita di search engine google melorot tajam atau bahkan hilang sama sekali .

Berapa lama situs kita akan terpengaruh oleh Google Dance? Tidak tentu. Bisa dalam hitungan hari, minggu, maupun bulan. Yang jelas, pastikan saja proses update tetap dilakukan dan kita tidak melakukan perubahan layout secara signifikan.

Bookmark and Share

2 komentar :

  1. Ouww jadi gitu ya.. makanya kok kontes SEO terbaru peringkatnya naik turun semua... nice inpo Gan.. salam kenal

    BalasHapus
  2. Thanks pencerahannya. Tapi sepertinya blogku emang kena Google Sandbox. Artikel terbaruku gak keindex. Klo artikelku yg kadang muncul kadang enggak, baru deh itu lagi kena Google Dance.

    BalasHapus