Senin, 01 Maret 2010

Buat Meta Deskripsi yang Baik

Judul dan deskripsi atau yang sering dikenal dengan "snippet" haruslah dibuat dengan benar-benar mempertimbangkan baik isi dari sebuah halaman dan juga sebagai referensi untuk itu yang muncul di web.

Google menggunakan beberapa sumber yang berbeda untuk informasi ini, termasuk informasi deskriptif dalam META tag untuk setiap halaman. Dimana bila informasi ini tidak tersedia, Google mungkin menggunakan informasi yang tersedia secara publik dari DMOZ. Sementara meta deskripsi yang akurat dapat meningkatkan rasio klik per tayang, tetapi tidak akan mempengaruhi peringkat Anda dalam hasil pencarian. Google sering lebih memilih untuk menampilkan meta deskripsi halaman (bila tersedia) karena pengguna memberikan gagasan yang jelas dari konten URL.

Meskipun Google tidak dapat mengubah secara manual judul atau potongan untuk setiap situs, Google selalu bekerja untuk membuat serelevan mungkin. Anda dapat membantu meningkatkan kualitas potongan yang ditampilkan untuk halaman Anda dengan menyediakan informatif meta deskripsi untuk setiap halaman. Berikut sedikit penjelasan mengenai cara buat meta deskripsi yag baik.
  1. Saran halaman HTML (HTML suggestions) di Webmaster Tools merupakan halaman daftar di mana Google telah mendeteksi hilang atau bermasalahnya meta deskripsi Situs anda (duplicate pages).
  2. Bedakan deskripsi untuk halaman berbeda. Menggunakan deskripsi identik atau serupa pada setiap halaman situs tidak sangat membantu ketika muncul di setiap halaman hasil web. Jika memungkinkan, membuat deskripsi yang secara akurat menggambarkan halaman tertentu. Gunakan deskripsi tingkat situs di halaman utama atau halaman agregasi lainnya, dan menggunakan tingkat halaman deskripsi di tempat lain. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat deskripsi untuk setiap satu halaman, cobalah untuk memprioritaskan konten Anda: Setidaknya, buat keterangan untuk URL kritis seperti halaman yang populer.
  3. Sertakan fakta-fakta yang ditandai dengan jelas dalam deskripsi. Deskripsi meta tidak hanya harus dalam format kalimat, hal ini juga merupakan tempat yang bagus untuk memasukkan data terstruktur tentang halaman. Misalnya, posting berita atau blog bisa daftar penulis, tanggal publikasi, atau informasi per baris. Hal ini dapat memberikan informasi potensial kepada pengunjung yang sangat relevan mungkin tidak akan ditampilkan dalam potongan sebaliknya. Demikian pula, halaman produk mungkin memiliki kunci bit informasi - harga, umur, pabrik - tersebar di seluruh halaman. Meta deskripsi yang baik dapat membawa semua data ini bersama-sama.
  4. Perlu diingat bahwa meta deskripsi yang terdiri dari rangkaian kata kunci yang panjang dan tidak memberikan gagasan yang jelas tentang halaman konten kepada pengunjung, akan kecil kemungkinan untuk ditampilkan di tempat potongan biasa atau pada hasil pencarian.
  5. Gunakan deskripsi kualitas. Pastikan Anda benar-benar membuat deskripsi deskriptif. Karena deskripsi berkualitas tinggi dapat ditampilkan dalam hasil pencarian Google, dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas pencarian Anda.
Bookmark and Share

4 komentar :

  1. permisi, artikelnya bagus, kebetulan saya mau tanya ni mas, gini. mungkin blog saya lagi error atau gimana ya, masalahnya bgini, setiap kali saya ketik di google keyword judul artikel punya saya, judul artikelnya muncul beserta title blog saya, namun biasanya kan dibwahnya terdapat sepenggal isi dari artikel saya, namun kok malah punya saya ga ya? yg muncul malah deskripsi blog saya, penggalan artikelnya ga muncul. kok bisa ya mas? mohon pencerahaannya. seperti blog teman2 yg menggunakan keyword yg sama, pada keyword mereka muncul judul plus title blog plus sepenggal isi artielnya. tapi punya saya ga. tolong bantuannya ya mas. kirim jawabannya ke darma.saputra@ovi.com. di tunggu

    BalasHapus
  2. ini dia meta tag, sangat penting buat seo ya.., thanks bro infonya..

    BalasHapus
  3. memang membuat judul dan fakta dari isi konten/artikel memang butuh ke jelihan supaya google search melirik web / blog kita.thanks infonya

    BalasHapus
  4. mas kalau maw bikin meta page di blogger gimana?
    tapi yang 1 kali edit tapi untuk semua halaman

    mohon ijin atas link saya mas
    terima kasih

    BalasHapus